Kamis, 12 Januari 2012

Pengkajian Gerontik INVENTARIS DEPRESI BECK | Tingkat Depresi Lansia

INVENTARIS DEPRESI BECK

Untuk Mengetahui Tingkat Depresi Lansia Dari Beck & Deck (1972)

Nama Klien                      :
Tanggal                            :
Jenis Kelamin                   : L / P
Agama                              :………….
Tingkat Pendidikan          : SD, SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi
Alamat                             :………………………………………………….




Skore

U r a i a n

A. Kesedihan

3

Saya sangat sedih /tidak bahagia dimana saya takdapat menghadapinya.
2
Saya galau / sedih sepanjang waktu dan saya tidak dapat keluar darinya.
1
Saya merasa sedih atau galau.
0
Saya tidak merasa sedih.

B. Pesimisme
3
Saya merasa bahwa masa depan adalah sia-sia dan sesuatu tidak dapat membaik.
2
Saya merasa tidak mempunyai apa-apa untuk memandang kedepan.
1
Saya merasa berkecil hati mengenai masa depan.
0
Saya tidak begitu pesimis atau kecil hati tentang masa depan.

C. Rasa Kegagalan
3
Saya merasa benar-benar gagal sebagai sebagai orang tua.(suami/istri)
2
Bila melihat kehidupan kebelakang, semua yang dapat saya lihat hanya kegagalan.
1
Saya merasa telah gagal melebihi orang pada umumnya.
0
Saya tidak merasa gagal.

D. Ketidak Puasan
3
Saya tidak puas dengan segalanya.
2
Saya tidak lagi mendapatkan kepuasan dari apapun.
1
Saya tidak menyukai cara yang saya gunakan.
0
Saya tidak merasa tidak puas.

E. Rasa Bersalah
3
Saya merasa seolah-olah sangat buruk atau tak berharga.
2
Saya merasa sangat bersalah.
1
Saya merasa buruk / tak berharga sebagai bagian dari waktu yang baik.
0
Saya tidak merasa benar-benar bersalah.

F. Tidak Menyukai Diri Sendiri
3
Saya benci diri saya sendiri.
2
Saya muak dengan diri saya sendiri.
1
Saya tidak suka dengan diri saya sendiri.
0
Saya tidak merasa kecewa dengan diri sendiri.

G. Membahayakan Diri Sendiri
3
Saya akan membunuh diri saya sendiri jika saya mempunyai kesempatan.
2
Saya mempunyai rencana pasti tentang tujuan bunuh diri.
1
Saya merasa lebih baik mati.
0
Saya tidak mempunyai pikiran-pikiran mengenai membahayakan diri sendiri.

H. Menarik Diri dari Sosial
3
Saya telah kehilangan semua minat saya pada orang lain dan tidak perduli pada mereka semuanya.
2
Saya telah kehilangan semua minat saya pada orang lain dan mempunyai sedikit perasaan pada mereka.
1
Saya kurang berminat pada orang lain dari pada sebelumnya.
0
Saya tidak kehilangan minat pada orang lain

I. Keragu-raguan
3
Saya tidak dapat membuat keputusan sama sekali.
2
Saya mempunyai banyak kesulitan dalam membuat keputusan.
1
Saya berusaha mengambil keputusan.
0
Saya membuat keputusan yang baik.

J. Perubahan Gambaran Diri
3
Saya merasa bahwa saya jelek atau tampak menjijikkan.
2
Saya merasa bahwa aada perubahan-perubahan yang permanen dalam penampilan saya dan ini membuat saya tak menarik.
1
Saya khawatir bahwa saya tampak tua atau tak menarik.
0
Saya tidak merasa bahwa saya tampak lebih buruk dari pada sebelumnya.

K. Kesulitan Kerja
3
Saya tidak melakukan pekerjaan sama sekali.
2
Saya telah mendorong diri saya sendiri dengan keras untuk melakukan sesuatu.
1
Saya memerlukan upaya tambahan untuk mulai melakukan sesuatu.
0
Saya dapat bekerja kira-kira sebaik sebelumnya.

L. Keletihan
3
Saya sangat lelah untuk melakukan sesuatu.
2
Saya merasa lelah untuk melakukan sesuatu.
1
Saya merasa lelah dari yang biasanya.
0
Saya tidak merasa lebih lelah dari biasanya.

M. Anoreksia
3
Saya tidak lagi mempunyai napsu makan sama sekali.
2
Napsu makan saya sangat memburuk sekarang.
1
Napsu makan saya tidak sebaik sebelumnya.
0
Napsu makan saya tidak buruk dari yang biasanya.


P e n i l a i a n
0 – 4
Depresi tidak ada atau minimal.
5 – 7
Depresi ringan
8 – 15
Depresi sedang.
16 +
Depresi berat.
Dari Beck AT, Beck RW : Screening depresed patients in family practice (1972)

Leave a Reply

 
 

Hair Styles

Followers

About Me