Jumat, 16 September 2011

POLA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

1. Directional trends

Pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi secara teratur, sesuai arah, mencerminkan perkembangan fisik dan kematangan fungsi neuromuskuler. Prinsip-prinsipnya meliputi :
a. Pola chepalocaudal atau head to tail atau kepala ke ekor
Arah perkembangan dimulai dari bagian kepala hingga kaki. Dan pola ini menunjukkan bahwa bagian kepala memiliki daya perkembangan lebih besar dan kompleks dibandingkan bagian kaki yang sederhana dan berukuran kecil.
Cth. Sang anak dapat mengontrol kepala terlebih dahulu sebelum ia dapat menggerakkan ekstremitas (kaki dan tangan).
b. Proksimodistal atau near to far atau dekat ke jauh
Dapat menggerakkan anggota gerak yang paling dekat dengan pusat  lalu pada anggota gerak yang jauh dari pusat.
Cth. Perkembangan kontrol gerakan bahu dapat dilakukan bayi terlebiih dahulu sebelum si anak dapat melakukan gerakan tangannya.
c. Diferensiasi atau Mass to specifik atau simple to complex
Perkembangan si anak untuk melakukan suatu aktivitas dari proses yang sederhana hingga proses yang kompleks.

2. Sequental trends
Adanya kejelasan batasan waktu  atau parameter yang jelas terhadap tumbang anak. Misalkan pada usia 2 tahun anak harus dapat merangkak. Semua dimensi tumbuh kembang dapat diperdiksi, dimana hal ini berjalan secara teratur dan kontinyu sesuai dengan umur atau waktu. Cth. Berguling - merangkak - jalan - berlari.

3. Sensitiv period atau masa sensitif
Ada waktu-waktu terbatas selama proses tumbuh kembang dimana berinteraksi, terutama dengan lingkungan yang ada, kejadian yang spesifik. Masa-masa tersebut adalah sebagai berikut :
a. Masa Kritis
Yaitu masa yang apabila tidak dirangsangan/berkembangmaka hal ini tidak akan dapat digantikan pada masa berikutnya.
b. Masa Sensitif
Mengarah pada perkembangan dan microorganisme, misalnya : pasa saat perkembangan otak, ibunya menderita flu maka kemungkinan anak tersebut akan menderita hydrocepallus.
c. Masa Optimal
Yaitu suatu masa diberikan rangsangan optimal maka akan mencapai puncaknya.
Misalnya : anak usia 3 tahun atau saat perkembangan otak dirangsang dengan bacaan-bacaan atau gizi yang tinggi, maka anak tersebut dapat mencapai tahap perkembangan yang optimal.

Leave a Reply

 
 

Hair Styles

Followers

About Me